Wednesday, October 10, 2012

~Neuschwanstein Castle~

                                                
                                                  

Istana Neuschwanstein adalah istana Bavaria pada abad ke-19. Istana ini terletak di puncak pergunungan di Jerman, dekat Hohenschwangau dan Füssen di Bayern barat daya. Istana ini dibina oleh Ludwig II dari Bavaria.

King Ludwig II memantau sendiri pembangunan, design dan dekorasi istana ini. Sayangnya hidup sang Raja berakhir tragis. Setelah tinggal di istananya selama hanya setengah tahun, dia dinyatakan sakit jiwa dan kemudian ditemukan mati tenggelam di Lake Starnberg. Sampai sekarang, masih belum diketahui apa yang sebenarnya terjadi.

Tujuh minggu setelah wafatnya King Ludwig II pada tahun 1886, Neuschwanstein castle dibuka untuk umum. Sekarang istana ini dikunjungi oleh 1,3 juta pelancong setiap tahun. Ironinya, King Ludwig II mendirikan istana ini untuk dirinya secara peribadi.

Masih banyak ruangan di dalam istana yang tidak diselesaikan. Meskipun demikian, ruangan-ruangan yang sudah siap sungguh memukau. It's like living in a fairy tale. Kamar tidur sang Raja diisi oleh tempat tidur besar dengan tiang kayu di keempat hujungnya, dan di bahagian atasnya penuh dengan ukiran gambar semua katedral di Bavaria. Ada juga pintu rahsia yang menuju ke toilet, tempat cuci tangan yang berbentuk angsa. Dekorasi dan lukisan dalam istana banyak mengambil inspirasi dari opera-opera yang ditulis oleh Richard Wagner, komposer kesayangan sang Raja.

                           

Ruangan yang tak kalah cantik adalah the throne room, dihias oleh lukisan-lukisan di seluruh temboknya dan mozaik di lantainya. Ada juga The Singers' Hall yang dibangun khusus untuk pertunjukan musik dan drama. King Ludwig meninggal sebelum sempat menyaksikan pertunjukan apa pun di tempat itu, namun tempat dengan akustik yang baik itu sampai sekarang masih dipakai.

                               

Pemandangan ke luar dari dalam istana sendiri tak kalah mengagumkannya. Langit yang sedikit berawan, gunung dengan sedikit salju di pucuknya, danau biru, hutan yang masih lebat dan istana Hohenschwangau sendiri.

Ruangan favorit pengunjung adalah The Grotto, yang dibentuk seperti gua lengkap dengan air terjun mungil dan taman kecil untuk bersantai. Musik dari Singers' Hall juga dapat dinikmati dari tempat ini.

Yang menakjubkan, walaupun dibangun pada abad ke-19 dan terlihat kuno, istana itu dibangunkan dengan menggunakan banyak teknologi moden demi kenyamanan penghuninya. Contohnya, hot air central heating, air panas dan air dingin di dapur, automatic flushing system di toilet. Istana juga dilengkapi oleh bel listrik untuk memanggil para pelayan, pesawat telepon dan juga lift.

Kerana pengunjung tidak dibolehkan mengambil gambar dalam istana, foto hanya terbatas pada bahagian luar istana saja.



p/s : lepas Venice, aku nak ajak laki aku g sini. (^_^)


2 comments:

Eliza Sulaiman said...

hani, copy paste dr mana? seem interesting. HAHAHA!

Hani Suraya said...

wat sndri la. haha. :P